Bandung - Kantor Wilayah Kementerian Hukum Jawa Barat menggelar rapat strategis untuk memperkuat Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi antara Divisi Pelayanan Hukum (Yankum) dengan Humas (Rabu, 22/01/2025). Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkum Jawa Barat, Asep Sutandar, dan dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Hemawati BR Pandia, Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum, Archie Tigor Mangunsong, Kepala Bidang Pelayanan Administrasi Hukum Umum (AHU) Ave Maria Sihombing, serta Tim Humas Kanwil Kemenkum Jabar.
Rapat ini berfokus pada penguatan kolaborasi dalam pemberitaan kegiatan di Divisi Pelayanan Hukum yaitu ; Kekayaan Intelektual (KI) dan Administrasi Hukum Umum (AHU). Dalam rapat tersebut, Asep Sutandar menekankan pentingnya meningkatkan kualitas komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antara Yankum dan Humas guna mendukung pelayanan publik yang lebih efektif dan mudah dipahami oleh masyarakat. Salah satu prioritas utama adalah memperbaiki kualitas media informasi untuk menyampaikan program dan layanan yang ada di Kementerian Hukum Jawa Barat kepada masyarakat secara luas melalui portal Website dan Media Sosial yang dimiliki. Selain itu, memberikan informasi layanan yang lebih terbuka kepada masyarakat harus didukung dengan penyajian data yang valid, sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat dipertanggungjawabkan.
Hemawati BR Pandia menambahkan bahwa progres kinerja Yankum saat ini telah menunjukkan tren positif di masing-masing Bidang. Namun, ia menegaskan pentingnya validitas data pendukung untuk menjaga akuntabilitas kinerja. Peningkatan koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi lintas divisi, menurutnya, adalah fondasi utama untuk mewujudkan pelayanan yang semakin transparan dan inovatif. Selain itu, meningkatkan nama Kanwil Kementerian Hukum Jawa Barat di mata masyarakat.
Disisi lain, Ave Maria Sihombing menjelaskan perlunya menjalin kerja sama dengan media yang sudah terverifikasi oleh Kementerian Hukum R.I untuk memperkuat penyebaran informasi kepada masyarakat. Media yang memiliki kredibilitas tinggi dinilai mampu menyampaikan pesan strategis secara tepat dan akurat kepada masyarakat. Dengan langkah-langkah sinergis ini, Kanwil Kemenkum Jabar optimistis dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan hukum dan HAM serta memperkuat citra positif di mata publik.
(red/foto : Mr.J)