BANDUNG – Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum Jawa Barat (Kanwil Kemenkum Jabar), jajaran pegawai Kanwil Kemenkum Jabar melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Teknis Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Survey Persepsi Anti Korupsi (SPAK) dan Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) 2025 (Rabu, 25/06/2025).
Pada ruang rapat Sahardjo, Kanwil Jabar, para pegawai yang mewakili masing – masing Divisi dan Bidang di Kanwil Jabar menghadiri kegiatan FGD yang dipimpin oleh Kepala Bidang KI Ery Kurniawan dan tim kerja Analis Kebijakan Kanwil Jabar.
Dalam diskusi bersama kali ini para peserta kegiatan membahas beberapa topik yang terkait dengan survei terhadap kepuasan pelayanan publik yang ada di lingkungan Kanwil Kemenkum Jabar, topik – topik tersebut antara lain yaitu mengenai sarana & prasarana, SDM pelayanan publik, kanal pengaduan, hingga jumlah responden survei.
Dalam diskusi ini juga para peserta kegiatan memberikan saran dan masukan mereka kepada analis kebijakan untuk dipertimbangkan, seperti saran mengenai penyederhanaan survei eksternal untuk mempermudah masyarakat dalam mengisi survei, hingga masukan untuk memperjelas alur pelayanan publik, mengingat dengan hadirnya ruang pelayanan publik Kanwil Jabar yang baru sehingga perlunya adaptasi bagi beberapa pengunjung rutin pelayanan publik Kanwil Kemenkum Jabar.
Melalui diskusi bersama ini jajaran pegawai Kanwil Jabar berharap agar para Analis Kebijakan selaku perpanjang tanganan BSK Kemenkum bisa menghadirkan solusi terhadap permasalahan yang ada hingga bisa memberikan feedback terhadap koresponden survey pelayanan publik.
(Red/foto: Aul)